Mohon jangan copas tulisan dari blog ini, sertakan link hidup saja.

Sabtu, 18 Agustus 2012

Resep MPASI Dasar

Dibawah ini ada beberapa resep MPASI dasar.


1. dikenalkan pertama kali : bubur susu dari tepung beras (putih/merah)
Bahan : satu sendok makan tepung beras, 1 sendok takar susu formula merk apa aja dicairkan menjadi 30 ml(jika tidak ASI,jika masih ASI ya ASI saja), 200 ml air matang.
Cara membuat : tepung beras dan air matang dimasak di atas api sehingga kental, angkat, campurkan dengan susu formula/ASI.



2. bubur kacang ijo
Bahan : setengah sendok makan tepung beras, 1 sendok teh tepung kacang ijo, 1 sendok takar susu formula, 200 ml air matang.
Cara membuat : tepung beras dan tepung kacang ijo dimasak dengan air matang di atas api hingga kental, angkat, campurkan dengan susu formula.

3. bubur beras merah
Bahan : satu sendok makan peres tepung beras merah, setengah sendok makan tepung beras putih, 1 sendok takar susu formula, 200 ml air matang.
Cara membuat : tepung beras merah dan putih dimasak di atas api dengan air matang hingga kental, angkat, campurkan dengan susu formula.

4. bubur susu saus apel
Bahan : setengah buah apel fuji, satu sendok makan tepung beras, satu sendok takar susu formula yang diencerkan menjadi 30 ml.
Cara membuat : kukus buah apel fuji selama 10-15 menit, setelah dingin tumbuk apel sampai kelihatan halus, kemudian disaring dengan saringan kawat. Tepung beras diolah sama seperti resep2 sebelumnya. Campurkan apel yang sudah disaring dengan olahan tepung beras dan susu formula. Siap disajikan.
Apel Fuji lebih manis dan segar,saya juga ngefans banget sama apel yg satu ini.Selain apel bisa juga diganti dengan pear.

Cara membuat tepung beras :

Beras dicuci kemudian dikeringkan. Bisa dengan cara disangrai. Setelah kering, beras diblender, lalu diayak. Setelah selesai diayak, tepung beras disangrai lagi agar lebih awet penyimpanannya. Hal ini berlaku pula untuk tepung kacang ijo dan tepung beras merah.

Jika ingin lebih awet buat dalam jumlah banyak dan bekukan,karena makanan beku tahan sampai 1 bulan didalam freezer dan 2 hari dalam kulkas.

Nah selamat mencoba!Semoga berhasil.....

sumber :arumanis.multiply.com
dan pengalaman pribadi. Related Post

2 komentar: