Mohon jangan copas tulisan dari blog ini, sertakan link hidup saja.

Kamis, 19 April 2012

Perawatan Payudara Masa Hamil

Perawatan payudara saat hamil diperlukan agar dapat menyusui dengan menyenangkan dan mengurangi rasa sakit. Yang terpenting adalah hati yg gembira saat menyusui karena jika kita gembira/senang maka ASI akan lancar juga.
Masa Kehamilan
  1. Usia kehamilan 3-4 bulan periksa puting susu anda,apakah menonjol, datar atau masuk kedalam. Caranya dengan memijit dasar puting susu perlahan-lahan (puting susu yg baik menonjol keluar,tapi puting yg masuk pun dapat menyusui lho)
  2. Bila puting susu datar atau masuk kedalam maka sejak kehamilan 4 bulan lakukan pengurutan . Caranya adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit.
  3. Usia kehamilan 7 bulan ; Gosoklah puting susu anda perlahan-lahan setiap kali selesai mandi dengan handuk yg lembut. Gunakan minyak untuk mengurut puting susu anda. Letakkan ibu jari dan jari telunjuk pada dasar puting lalu dengan hati-hati memutarnya ke kiri dan ke kanan. lakukan beberapa kali.
  4. Urutlah payudara anda perlahan-lahan dengan cara menekankan ke 5 jari anda ke dada. Lakukan gerakan menutar di seluruh payudara mulai dari bagian atas dan berakhir di dekat daerah areola(daerah kehitaman). Gunakan cream yg tidak mengandung bau.
  5. Pakailah BH yg menyangga payudara dan tidak terlalu ketat karena payudara akan bertambah besar saat hamil. Sebisa mungkin jangan memakai BH saat malam hari.

  • Besar kecilnya puting atau masuk,menonjol dan datarnya puting tidak mempengaruhi kemampuan menyusui,yakinlah anda pasti bisa menyusui secara eksklusif

  • Jangan kuatir akan bentuk payudara yg berubah karena itu wajar terjadi saat hamil bukan karena menyusui

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar