Mohon jangan copas tulisan dari blog ini, sertakan link hidup saja.

Rabu, 04 Januari 2012

Donal Bebek vs Untung

Kenal dunk dengan tokoh Donal dan Untung dalam komik Donak Bebek?

Keduanya memiliki pebedaan yg mencolok,yg satu untung terus (si Untung)

sedang yg satu sial terus (si Donal)

Ternyata ada penelitian tentang golongan orang "UNTUNG" dan orang "SIAL"
dan org yg melakukan penelitian gak main2 lho, namanya
Professor Richard Wiseman dari University of Hertfordshire Inggris
“The Luck Project” namanya ;-)

si donald yang tampangnya bete terus ;p

beliau ini kasi tugas yg sama persis ke 2 golongan tsb,
YAITU:
mereka disuruh hitung berapa banyak foto dalam sebuah koran

HASILnya:
1. yang merasa dirinya beruntung bisa menyelesaikan tugas
ini dalam hitungan detik
2. sementara orang yang merasa dirinya sial baru bisa selesai
dalam waktu sekitar 2 menit ;-)

kok bisa beda gitu sih?
bisa aja….soalnya Prof Wiseman udan kasi clue di halaman ke2
yg isinya “berhenti menghitung skrg, ada 43 gambar di koran ini”
naaaah…… kelompok beruntung baca pesan ini….
sedangkan kelompok yg merasa sering sial….melewatkan pesan ini ;-)

lebih sial lagi…golongan yg merasa sial, gak baca kalo ada tambahan
“info” lagi sbb: “berhenti menghitung sekarang dan bilang ke peneliti
Anda menemukan ini, dan menangkan $250!”
duuuuh, kasian deeeh, sial beneer ;p ;p

si untung yang cool ;-)

si Donal yg bertampang bete

Hehehe… ok, jadi intinya dari penelitian ini si bapak Prof.
menyimpulkan bahwa ada 4 faktor yang membedakan
antara golongan mr untung dan golongan mr donald ini ;-)
apa sajakah itu:

1. sikap terhadap peluang

orang beruntung punya kecenderungan terbuka terhadap peluang
mereka ini lbh rileks dan terbuka terhadap pengalaman baru
tuuuh.

naaah, gimana dgn golongan yg selalu merasa sial?
yaah, tentu saja kebalikannya doong ;-)

2. menggunakan intuisi dalam membuat keputusan

Orang yang beruntung ternyata lebih mengandalkan intuisi daripada logika.
Mereka lebih peka mendengarkan bisikan “hati nurani” (intuisi) daripada
hasil otak-atik angka yang canggih.

Mungkin gak disadari ya…tapi kadang2 kita pasti pernah mengalami hal ini.
contohnya saya ya…. :

pas mau resign dari kantor th 2007 lalu,
saya gak punya persiapan apa2 sebelumnya…
pokoke yakin aja dengan intuisi saya bahwa saya akan dapat
pekerjaan pengganti. Baru berapa minggu nganggur udah ada panggilan kerja,akhirnya dapat jodoh dech di kota yg baru.

3. Selalu berharap kebaikan akan datang.

Orang yang beruntung ternyata selalu ge-er terhadap kehidupan.
Selalu berprasangka baik bahwa kebaikan akan datang kepadanya.
Naaah, yg ini gw bangeeet ;-)

dulu saya sempat maksa suami buat liat-liat rumah padahal modal ZERO alias kosong,suami ogah-ogahan yg nganter tapi ku paksa terus.Bolak-balik suami ta ajak liat perumahan yg kata orang "Bermasalah",suami ku nggak mau karena "Bermasalah". Tapi aku pede kalo itu bakalan jadi rumahku,pada akhirnya suami mau liat rumah,pesen trus tau-tau akad kredit dan lingkungan rumah juga bagus. Untungnya aku ambil rumah di perumahan itu yg kata orang "Bermasalah" kenapa beruntung karena temen-temenku yg laen rumahnya pada bermasalah. Pada kualat tuch,hehehe

4. Mengubah hal yang buruk menjadi baik.

Orang-orang beruntung sangat pandai menghadapi situasi buruk dan
mengubahnya menjadi kebaikan.
Apapun situasinya orang yg beruntung pokoknya untung terus.

misalnya nih ya, contoh cara perbedaan berpikir orang yang beruntung
dan yg sial terus dalam menghadapi PHK

kecenderungannya golongan yang merasa beruntung akan merasa
“duuuh bagus deh, jadi gue bisa jalanin bisnis sendiri….jadi boss buat diri sendiri
(sambil langsung buat rencana ini itu mau ngapain ajaa ;p)

sementara yang dari golongan yang merasa sial”
“duuuh, mampus deh gw, mau dapet kerja di mana hari gini…hiks…:(“
(sambil nangis2 bombay ;p ;p)
==========

tuuuuh kan beda banget ya ternyata,
pantes ajaaa yg satu untung terus…..yg satu sial teruuus

bedanya itu cuma di PIKIRAN lho…
bukan di KEADAAN…..
mereka sama2 menghadapi keadaan yang sama,
hanya cara mereka merespon yang jauh berbeda….
gampaaang kaan?

Yuk atuuuh, mulai sekarang jadilah orang yang beruntung
kalo gak ada usaha dari kita untuk berubah
dari si DONALD yang sial terus
menjadi si UNTUNG
yaaah selamat deeeeh….
selamanya kita akan menjadi DONALD si mr sial terus ;-)
iiihhh, saya mah ogaaah deeeh….

=========

Artikel ini terinspirasi dari http://ummunaisha.multiply.com http://www.asepmuhsin.blogspot.com dan www.motivasi.net

Beberapa kali aku liat arikel ini,jadi inget juga antara aku dan adikku.Nggak bisa dibilang aku sial banget sich cos aku juga banyak untungnya tapi adikku terkenal beruntung. So bila kamu ingin beruntung juga seperti si untung,gabung ma kita-kita di mudagayankaya.tk.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar