Mohon jangan copas tulisan dari blog ini, sertakan link hidup saja.

Jumat, 06 Mei 2011

SETUP MACARONI

Setup macaroni ini adalah makanan favorit aku,adikku dan ibuku, dulu hampir tiap minggu kami bergotong royong membuatnya. Kasihan bapak,saat semua menikmati setup macaroni yang lezat beliau malah tidak doyan. Sudah lama aku tidak merasakan setup macaroni ini karena di daerah tempatku tinggal tidak ada yang jual,mau pulang ke Solo ga ada waktunya. Dulu waktu masih di solo,setup macaroni ini jadi favorit ibu2 dan remaja persekutuan buat suguhan pas persekutuan remaja, meskipun sering dihidangkan tapi kami tidak bosen. Ada ibu yang suka buat setup macaroni yang mleketrek,ada yang suka kuah encer,ada remaja yang ga suka susu jadi dia selalu dapat kuah khusus(tanpa susu). Menurutku resep yang paling sempurna hanya punya ibuku. Ternyata salah satu temanku ada yang doyan juga dengan setup macaroni sampai meminta resepnya, katanya sich mau coba bikin buat anaknya dan dirinya sendiri. Nich dia sis resepnya,catat ya.

Setup macaroni

Bahan :
* 500 gr elbow macaroni (bentuk pipa setengah lingkaran), rebus dan tiriskan. Siram dengan air dingin agar macaroni tidak ngumpal2 jadi satu dan bentuknya utuh
* 2 bh dada ayam, rebus. Air kaldu sisihkan dan daging di suwir-suwir.
* 250 gr mentega
* 15 bh bawang merah potong besar2, makin banyak makin enak (kalau aku dan adik suka ambil banyak2),jangan sekali2 menambahkan bawang putih karena bawang putih tidak dipakai di resep ini
* 3 gelas Susu murni biar gurih(kalau kepepet pakai susu dancow,sama2 gurih tapi enak susu murni)=> kalu ga suka susu mending ga perlu dikasih cukup pakai kaldu saja,jangan diganti dengan santan karena kurang lezat jadinya(menurutku)
* merica bubuk
* Pala bubuk/ pala diparut
* Garam dan gula(sedikit)
* 2 telur kocok lepas
* 1 bh meggi kaldu blok
* Parutan Keju (bila suka)
* Saos sambal

Cara masak :
* Panaskan mentega sampai meleleh masukkan bawang merah. tumis sebentar. Masukkan suwiran ayam, merica dan pala bubuk. Masukkan air kaldu ayam, tambahkan garam,gula dan meggi. Masak sampai air kaldu mendidih. Kemudian tambahkan susu murni. Aduk kembali tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan macaroni. Terakhir masukkan telur kocok lepas. Aduk2 hingga telur menyatu. Jika ingin macaroni yang "mleketrek"(lunak hampir seperti bubur) bisa direbus agak lama tapi kalau aku dan keluarga senang dengan macaroni yang masih utuh dan bentuknya bagus.
Sajikan hangat-hangat dengan ditaburi parutan keju diatasnya, bisa juga ditambah saos sambal botol. Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar